Paid To Popup

Senin, 25 Februari 2013

BAWANG MERAH

Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.


Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan dibagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang didalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30-50 cm.

 Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida maka dari itubawang merah di jadikan salah satu tanaman obat.

bawang merah ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain digunakan sebagai bahan rempah – rempah bumbu masakan, bawang merah juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan obat tradisional dan terbukti mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti nyeri perut ataupun penyembuhan luka. Selain penyakit ringan seperti yang telah disebutkan, bawang merah juga mampu mengobati penyakit berat seperti diabetes melitus, jantung maupun stroke. 

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat bawang merah bagi kesehatan, berikut adalah beberapa diantaranya :
  1. Mencegah penyakit TBC.
  2. Mencegah penyakit Kanker.
  3. Menyembuhkan penyakit diabetes melitus
  4. Mencegah penyakit stroke.
  5. Menyembuhkan luka.
  6. Menghilangkan nyeri pada tubuh.
  7. Mengobati radang tenggorokan.
  8. Membasmi kuman di dalam mulut.
  9. Membantu mengurangi rasa sakit karena gigitan serangga.

Itulah beberapa manfaat bawang merah yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya setiap hari secara teratur. Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan seperti yang disebutkan di atas, sangat diasarankan mengkonsumsi bawang merah ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit di atas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Jendela Dunia.