Paid To Popup

Kamis, 13 Juni 2013

SIRSAK,[Nangka Londo]/ZUURZAK Yang kaya manfaat


Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.



          
Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendirie berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.

Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagi orang Indonesia, buah sirsak mungkin sudah tidak asing lagi. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau dan isinya berwarna putih agak berlendir itu mempunyai rasa yang enak dan manis tapi juga ada sedikit rasa asam.
Sebagian besar dari kita hanya mengenal sirsak sebagai buah yang nikmat untuk diminum sebagai jus dan tidak menyadari ternyata bahwa tanaman sirsak memiliki begitu banyak manfaat untuk pengobatan dan  menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Mari kita bahas manfaat buah sirsak di sini.

Manfaat sirsak

  • Sirsak mengandung nutrisi seperti asam amino, acetogenins ,Vitamin C, besi, riboflavin, fosfor, tiamin, kalsium, karbohidrat, niacin, dan karbohidrat.
  • Daun sirsak sedang digembar-gemborkan oleh banyak orang sebagai pembunuh kanker ampuh alami. Daun sirsak memilih target  secara efektif dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
  • Riboflavin yang hadir dalam sirsak membantu mengekang migren. Sirsak yang kaya akan zat besi, berguna dalam pencegahan anemia.
  • Jus sirsak dikenal untuk mengobati gangguan hati dan juga memberikan bantuan dari peradangan uretra.
  • Sirsak mengandung tembaga, yang mempromosikan penyerapan kalsium dan fosfar, nutrisi yang sangat penting untuk menghambat osteoporosis  dan berguna untuk membentuk tulang yang kuat.
  • Buah sirsak juga kaya akan serat pangan yang berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit.
  • Apabila kita menempelkan daging buah sirsak untuk luka maka khasiat buah sirsak yang didapat adalah mempercepat proses penyembuhan dan juga mencegah infeksi bakteri .
  • Sirsak juga berguna untuk mengobati ambeien, mengobati kencing sedikit sedikit, sakit kandung kemih, mengobati penyakit liver.
  • Kandungan vitamin C sirsak bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Juga Vitamin C ini merupakan antioksidan alami sehingga bermanfaat  untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta memperlambat proses penuan dini.
  • Kandungan vitamin B1 membantu memperlancar metabolisme, sirkulasi darah, mencegah kerusakan syaraf, dan juga memulihkan gangguan syaraf tepi dan syaraf pusat kita.
  • Sirsak juga membantu mencegah kram kaki kerana kehadiran Kalium.
  • Tambahan pula, sirsak mengurangi rasa sakit yang terkait dengan arthritis, masalah sendi dan punggung, dan rematik .
  • Sirsak mengandung tiamin, suatu senyawa yang meningkatkan tingkat energi, menambah stamina dan kebugaran.
  • Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami.
Saya sarankan supaya kita  mengkonsumsi buah sirsak, karana kita bisa peroleh banyak sekali manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Jendela Dunia.